Jumat, 23 Februari 2018

Tips dan Trik: Cara membuat Auto Reply dan Signature di Gmail


Pada kesempatan kali ini saya akan membagi ilmu saya tentang cara membuat Auto Reply dan Signature di Gmail. Auto reply dalam bahasa Indonesia artinya balas otomatis dan Signature artinya tanda tangan. Perbedaan 2 hal tersebut, Auto Reply berfungsi untuk membalas pesan seseorang secara otomatis apabila anda tidak dapat membalas email tersebut secara langsung, jadi isi dari Auto Reply adalah permohonan maaf.

Cara Membuat Auto Reply di Google

1.Buka Gmail anda (gmail.com).

2.Masuk ke bagian setting/setelan.

3.Pilih Setting

4.Maka akan muncul bagian setting/setelan di Gmail. Scroll ke bawah, maka akan anda temukan bagian     'Penjawab pesan saat liburan'.       

5.Centang/pilih 'Aktifkan', kemudian atur rentang waktu dimana pesan penjawab otomatis ini akan diberlakukan. Isikan 'Hari Pertama' dan kemudian isikan 'Berakhir'. Kolom 'Berakhir' ini merupakan optional, jika tidak diisi maka anda harus mengakhiri pesan otomatis ini secara manual yaitu dengan cara kembali ke bagian setting/setelan ini dan pilih 'Tak Perlu'.

6.Kemudian isi bagian 'Perihal' dengan perihal email otomatis yang akan anda setting. Isi bagian 'Pesan' dengan isi pesan yang akan anda kirimkan untuk pesan otomatis anda. Centang kolom dibawah kolom 'Pesan' jika ingin pesan balasan itu hanya untuk pengirim pesan dari daftar kontak di akun Gmail anda. Jika untuk semua pesan yang masuk, jangan dicentang.

7.Jika telah selesai klik 'Simpan Perubahan'.

8.Untuk mengecek apakah pesan balasan otomatis anda bekerja, silakan kirim email ke email yang telah anda setting, kemudian lihat balasan yang anda dapatkan.

Adapun Fungsi dari signature itu sendiri yaitu sebenarnya untuk promosi, bisa juga di gunakan hanya untuk sekedar memberikan informasi pribadi saja. Lain dari pada itu menyisipkan signature pada email akan membuat kita lebih simpel memberikan data/keterangan pribadi. Khususnya untuk seseorang yang menggeluti bisnis online sangat penting menyisipkan signature pada email guna agar usaha berjalan lebih baik, jadi tidak perlu repot-repot menautkan data pribadi secara manual di setiap pesan email yang dikirim.

Cara Membuat Signature di Gmail

1. Langkah pertama Log-in email kamu ke gmail

2. Arahkan kursor pada pojok kanan atas, setelah itu klik pada gambar yang ditandai lalu pilih setting atau setelan.

3. Pada halaman setelan, gulirkan kursor kebagian bawah hingga pada pengaturan Signature. Silahkan buat tanda tangan sesuai keinginan masing-masing. Setelah mengisi kotak signature, jangan lupa mencentang tulisan "Sisipkan tanda tangan ini sebelum kutipan teks untuk balasan dan hapus garis "--" yang mendahuluinya."  yang ada dibawahnya.

5. Lalu klik Simpan Perubahan di akhir pengaturan.

6. Setelah itu silahkan coba buat pesan baru, maka tampilan tanda tangan pada email yang dibuat tadi akan seperti pada gambar di bawah ini.

Selesai, setelah itu signature puN berhasil di sisipkan pada email. maka kita tidak perlu repot-repot menautkan data pribadi secara manual.

semoga artikel ini dapat membantu, terimakasih dan selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar

Soft Launching "Teri Crispy" Idaam Santri

Teri Crispy merupakan sebuah produk hasil keluaran siswa   STE (Sanggar Tahfidz Entrepreneur)   MA Bilingual. Produk ini merupakan makan...